1. A.   Sejarah negara Prancis

Perbatasan Perancis modern sama dengan Galia kuno, yang dihuni oleh Galia Kelt. Galia dikuasai untuk Roma oleh Julius Caesar pada abad ke-1 SM, dan Galia menggunakan Romawi (Latin, dimana berkembanglah bahasa Perancis) dan budaya Romawi. Kristen masuk pada abad ke-2 dan 3 M, dan ditetapkan pada abad ke-4 dan 5 sehingga St. Jerome menulis bahwa Galia satu-satunya wilayah yang “bebas dari kepercayaan menyimpang”.

Perancis tahun 1477. Garis merah: Perbatasan Kerajaan Perancis; Biru terang: Domain kerajaan

Pada abad ke-4 M, pertahanan timur Galia di sepanjang Rhine dihancurkan suku Jermanik, khususnya dari Frank, darinyalah nama kuno “Francie” berasal. Nama modern “France” berasal dari nama domain feodal Raja Capetia Perancis di sekitar Paris. Frank adalah suku pertama diantara penguasa Jermanik di Eropa setelah keruntuhan Kekaisaran Romawi untuk berpindah agama ke Kristen Katolik daripada Arianisme (Raja Clovis berpindah agama pada 498); sehingga Perancis memperoleh julukan “Gereja termuda” (La fille ainée de l’Église), dan Perancis mengambilnya sebagai penyesuaian julukan “Kerajaan Perancis Paling Kristen”. Pendirian sebagai entitas terpisah dimulai dengan Perjanjian Verdun (843), dengan pembagian Kekaisaran Karoling Charlemagne menjadi Francia Timur, Francia Tengah dan Francia Barat. Francia Barat adalah wilayah yang diduduki Perancis modern dan awal dari Perancis modern.

Dinasti Karoling memimpin Perancis hingga 987, ketika Hugh Capet, Duke of France dan Bangsawan Paris, diangkat sebagai Raja Perancis. Keturunannya, Capetia Langsung, Dinasti Valois dan Dinasti Bourbon, mempersatukan negara melalui berbagai perang dan pewarisan dinasti. Monarki ini mencapai kejayaannya selama abad ke-17 dan kekuasaan Louis XIV dari Perancis. Pada waktu itu Perancis memiliki jumlah penduduk terbesar di Eropa (lihat Demografi Perancis) dan memiliki pengaruh hebat terhadap politik, ekonomi, dan budaya Eropa. Perancis menjadi dan ditetapkan selama beberapa waktu, bahasa umum dalam urusan luar negeri. Banyak Pencerahan terjadi di dalam lingkaran intelektual Perancis, dan banyak penemuan ilmiah berasal dari ilmuwan Perancis pada abad ke-18. Selain itu, Perancis memiliki berbagai jajahan di Amerika, Afrika dan Asia.

Monarki ke Republik

Setiap orang memiliki dua negara, negaranya dan Perancis.
Thomas Jefferson

Penyerangan Bastille tanggal 14 Juli 1789

Kerajaan memerintah Perancis hingga Revolusi Perancis, tahun 1789, Louis XVI dan istrinya, Marie Antoinette, dieksekusi (tahun 1793), bersama ribuan warga sipil Perancis lainnya. Setelah berbagai skema pemerintahan pendek, Napoleon Bonaparte mengambil alih pemerintahan Republik tahun 1799, menjadikannya Konsul Pertama, dan kemudian Kaisar apa yang sekarang dikenal sebagai Kekaisaran Pertama (1804–1814). Dalam beberapa perang, pasukannya menguasai sebagian besar benua Eropa, dengan anggota keluarga Bonaparte ditunjuk sebagai raja dari kerajaan-kerajaan yang baru didirikan.

Setelah kekalahan terakhir Napoleon tahun 1815 dalam Pertempuran Waterloo, monarki Perancis dibentuk kembali, tapi dengan pembatasan konstitusional baru. Tahun 1830, sebuah pemberontakan warga sipil memaksa pembentukan Monarki Juli konstitusional, yang berjalan hingga 1848. Republik Kedua yang berusia pendek ini berakhir tahun 1852 ketika Louis-Napoléon Bonaparte memproklamirkan Kekaisaran Kedua. Louis-Napoléon mundur setelah kekalahan dalam perang Perancis-Prusia tahun 1870 dan rezimnya digantikan oleh Republik Ketiga.

Perancis memiliki jajahan kolonial, dalam berbagai bentuk, sejak awal abad ke-17 hingga 1960-an. Pada abad ke-19 dan 20, imperium kolonial seberang laut globalnya terbesar kedua di dunia setelah Imperium Britania. Pada puncaknya, antara 1919 dan 1939, imperium kolonial Perancis kedua membentang hingga 12.347.000 kilometer persegi (4.767.000 sq mi). Termasuk Perancis Metropolitan, total wilayah daratan dibawah kedaulatan Perancis mencapai 12.898.000 kilometer persegi (4.980.000 sq mi) tahun 1920-an dan 1930-an, yang mencakup 8.6% dari total daratan dunia.

Deklarasi Schuman tanggal 9 Mei 1950 di Quai d’Orsay di Paris dianggap sebagai dasar berdirinya Uni Eropa dan dirayakan setiap tahun sebagai Hari Eropa oleh UE.

Meskipun menang dalam Perang Dunia I dan Perang Dunia II, Perancis mengalami banyak kematian dan kerugian material (dan meskipun hanya sebagian kecil teritorinya diduduki selama Perang Dunia I, teritori metropolitannya diduduki seluruhnya oleh Jerman selama perang kedua). Tahun 1930-an ditandai oleh berbagai reformasi sosial yang diperkenalkan oleh pemerintah Front Populer. Republik Keempat dibentuk setelah Perang Dunia II dan, selain pertumbuhan ekonomi yang spektakuler (les Trente Glorieuses), negara ini berusaha mengelola status politiknya sebagai negara bangsa dominan. Perancis berusaha menjaga imperium kolonialnya, tapi kemudian menjadi masalah. Usaha 1936 untuk mengambil kembali kontrol atas Indocina Perancis mengakibatkan tercetusnya Perang Indocina Pertama, yang berakhir dalam kekalahan Perancis di Pertempuran Dien Bien Phu tahun 1954. Beberapa bulan kemudian, Perancis menghadapi konflik baru, dan lebih besar di Aljazair.

Debat mengenai mungkin atau tidak menjaga kontrol terhadap Aljazair, yang kemudian rumah bagi satu juta penetap Eropa, menghancurkan negara dan hanpir memulai perang sipil. Tahun 1958, Republik Keempat yang lemah dan tidak stabil berubah menjadi Republik Kelima, yang memiliki kekuasaan Presiden lebih diperkuat. Pemimpin pertamanya, Charles de Gaulle berusaha mempersatukan negara sementara mengakhiri perang. Perang Aljazair dan perang sipil Perancis-Perancis yang berlangsung di ibukota Algiers, berakhir dengan negosiasi damai tahun 1962 yang membawa kemerdekaan Aljazair.

Dalam beberapa dekade terakhir, rekonsiliasi dan kerjasama Perancis dengan Jerman telah membuktikan sentral ke politik dan integrasi ekonomi Uni Eropa, termasuk perkenalan euro bulan Januari 1999. Perancis telah menempati garis depan negara anggota Uni Eropa yang mencoba memanfaatkan kesempatan persatuan keuangan untuk membentuk sebuah badan politik, pertahanan, dan keamanan Uni Eropa yang lebih bersatu dan mampu. Elektorat Perancis memilih menentang ratifikasi Perjanjian Konstitusional Eropa bulan Mei 2005, tapi Perjanjian Lisboa diratifikasi oleh Parlemen.

BGeografi Negara Perancis

1. Luas wilayah           : 557.670KM2.

2. Letak astronomis     : 420 LU-510 LU dan 50 BB-80 BT.

3. Letak geografis       : Terletak di wilayah Eropa barat.

4. Batas-batas              : Utara adalah Selat Chanel, Belgia, Jerman, dan Luxemburg. Timur adalah Jerman, Swis, dan Italia. Selatan adalah Spanyol, Andora, dan Laut tengah. Barat adalah Samudera Atlantik.

 

  1. C.   Iklim Negara Perancis

Perancis Metropolitan terletak antara 41° dan 51° Utara, di sisi barat Eropa, dan terletak di zona iklim sedang utara. Wilayah utara dan barat laut memiliki iklim sedang, sementara gabungan pengaruh laut, garis lintang dan ketinggian menghasilkan berbagai iklim di seluruh Perancis Metropolitan. Di tenggara iklim Mediterania terjadi. Di barat, iklim didominasi laut dengan curah hujan tinggi, musim dingin sejuk hingga musim panas hangat. Di darat iklimnya lebih kontinental dengan musim panas yang panas dan berbadai, musim dingin yang dingin dan kurang hujan. Iklim Alpen dan wilayah pegunungan lainnya adalah alpen, dengan jumlah hari dengan temperatur di bawah nol hampir 150 per tahun dan salju menutupi hingga enam bulan.

  1. D.   Bentuk Pemerintahan Negara Prancis

Republik Perancis adalah sebuah republik semi-presidensial uniter dengan tradisi demokratis yang kuat. Konstitusi Republik Kelima disetujui melalui referendum tanggal 28 September 1958. Sehingga memperkuat kewenangan eksekutif dengan parlemen. Cabang eksekutif itu sendiri memiliki dua pemimpin: Presiden Republik, yang merupakan Kepala Negara dan dipilih langsung oleh hak pilih universal orang dewasa untuk jabatan selama 5 tahun (sebelumnya 7 tahun), dan Pemerintah, dipimpin oleh Perdana Menteri yang ditunjuk presiden.

Parlemen Perancis adalah sebuah badan legislatif bikameral yang terdiri dari Majeli Nasional (Assemblée Nationale) dan Senat. Deputi Majelis Nasional mewakili konstituensi lokal dan terpilih langsung selama 5 tahun. Majelis memiliki kekuasaan untuk membubarkan kabinet, dan mayoritas anggota Majelis menetapkan pilihan pemerintah. Senator dipilih oleh dewan pemilih untuk jabatan 6 tahun, dan setengah kursi dimasukkan dalam pemilihan setiap 3 tahun yang dimulai pada September 2008. Kekuasaan legislatif Senat terbatas; dalam penentangan antara kedua pihak, Majelis Nasional memiliki perkataan terakhir, kecuali untuk hukum konstitusional dan lois organiques (hukum yang disediakan langsung oleh konstitusi) dalam beberapa hal. Pemerintah memiliki pengaruh kuat dalam pembentukan agenda Parlemen.

Politik Perancis ditandai oleh dua pengelompokkan yang saling menentang secara politik: pertama sayap kiri, dipusatkan di sekitar Partai Sosialis Perancis, dan lainnya sayap kanan, sebelumnya dipusatkan pada Rassemblement pour la République (RPR) dan sekarang Persatuan untuk Gerakan Rakyat (UMP). Cabang eksekutif kebanyakan terdiri dari anggota UMP.

 

 

 

 

 

  1. E.   Mata Uang Negara Perancis

Euro / EUR

  1. F.    Penduduk Negara Perancis

Pada tahun 2001, jumlah penduduknya sebesar 59.200.000 jiwa. Kepadatannya 106 jiwa/KM2. Pertumbuhan penduduknya 0,4% per tahun. Sebagian besar penduduk Perancis tinggal di Kota besar seperti Paris yang merupakan kota metropolitan Perancis. Sebagian besar penduduk Perancis adalah orang Perancis, kelompok eknis lainnya adalah orang imigran yang mencari pekerjaan. Mereka datang dari Portugis, Maroko, Italia, dan Tunisia.

  1. G.  Bahasa

Semua penduduk negara Perancis pada umumnya menggunakan bahasa Perancis

  1. H.  Flora dan Fauna
  • Flora

Pohon maple

 

Zaitun

           

 

Pohon Ek

           

 

 

 

  • Fauna

Ikan Tuna

           

 

Ikan haring

                       

 

 

  1. I.      Agama

Mayoritas Katholik roma. Sisanya adalah Protestan, Islam, Yahudi, dan Gereja Ortodok Rusia dan Yunani.

  1. J.     Transportasi (how to get there)

Bandara Charles de Gaulle

           

Bandar Udara Paris-Charles de Gaulle (bahasa Perancis: Aéroport Paris-Charles de Gaulle), juga dikenal sebagai Bandar Udara Roissy (atau hanya Roissy dalam bahasa Perancis), di Paris, adalah salah satu pusat penerbangan utama dunia, juga bandar udara internasional utama Perancis. Diberi nama setelah Charles de Gaulle (1890-1970), pemimpin Pasukan Perancis Merdeka dan pendiri Republik Kelima Perancis. Terletak di beberapa bagian komune, termasuk Roissy, 25 km di timurlaut Paris.

Bandar Udara Bordeaux – Mérignac

Merupakan sebuah bandar udara yang melayani Bordeaux, Perancis. Bandar udara ini terletak di kota Mérignac, 6 mil (10 km) barat Bordeaux, di département Gironde. Pada 2004, bandar udara ini menangani 2,928,873 penumpang. Bordeaux mendapat peringkat ke-6 sebagai destinasi bagi para turis di Perancis.

Bandar Udara Internasional Côte d’Azur

Sebuah bandar udara di kota Nice, Perancis. Bandara Internasional Côte d’Azur adalah bandar udara paling terpenting kedua di Perancis setelah Aéroports de Paris. Bandar udara ini terletak di daerah Promenade des Anglais, dekat l’Arénas dan memiliki dua terminal.

 

 

Gare d’Austerlitz

           

(Stasiun Austerlitz) Merupakan satu dari stasiun kereta api besar di Paris. Stasiun ini terletak di tepi kiri sungai Seine di tenggara kota, yaitu arrondissement XIIIe. Stasiun ini menjadi asal jalur utama Paris-Bordeaux dan Paris-Toulouse, tetapi sejak pengenalan TGV Atlantique yang dilayani oleh Gare Montparnasse Austerlitz telah kehilangan banyak layanan jarak jauhnya menuju barat daya Perancis. Austerlitz digunakan oleh 25 juta penumpang per tahun, sekitar setengah jumlah penumpang di Montparnasse.

Gare de La Bastille

           

Merupakan sebuah stasiun kereta api di Paris. Stasiun ini dibuka pada tahun 1858 dan melayani sebagai ujung jalur sepanjang 54.1 km menuju Vincennes dan Verneui -l’Étang. Jalur ini dibuka hanya untuk melayani Fort de Vincennes dan diperpanjang pada 1859 hingga La Varenne dan 1874 menuju Brie-Comte-Robert. Jalur ini akhirnya mencapai Verneuil-l’Étang pada 1872 dan terhubung dengan jalur menuju Mulhouse.

Gare de Lyon

Merupakan satu dari enam stasiun kereta api besar di Paris, Perancis. Stasiun ini diberi nama setelah kota Lyon, sebuah perhentian bagi beberapa kereta jarak jauh, kebanyakan en route menuju selatan Perancis. Layanan SNCF stasiun ini membentang hingga ke selatan dan timur Perancis. Stasiun ini juga mengelola kereta regional dan RER, juga dilayani oleh stasiun metro Gare de Lyon.

Gare Montparnasse

                               

Merupakan satu dari enam stasiun kereta api besar di Paris, terletak di area Montparnasse, di arrondissement XVe. Stasiun ini digunakan untuk kereta menuju Barat dan Baratdaya Perancis, dan TGV menuju Tours, Bordeaux, Rennes, Nantes. Terdapat juga sebuah stasiun angkutan cepat, dan trotoar berjalan berkecepatan tinggi.

  1. K.  Akomodasi

 

a) Paris

Hotel scribe paris managed by sofitel (5 stars)

     

Semua kamar 217 di hotel bintang-5 ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para tamu. Terdapat ruangan bebas rokok, penyejuk udara, jubah mandi, film in-house, meja tulis, pengering rambut, akses internet (nirkabel), papan setrika pada masing-masing kamar hotel yang diperlengkapi dengan baik. Sebagai tambahan, properti di Paris ini memiliki layanan kamar 24 jam, lantai eksekutif, lift, bar/pub, layanan laundry/dry cleaning, fasilitas rapat , restoran. Hotel ini menyediakan fasilitas bersantai dan rekreasi unggul termasuk pijat, jacuzzi, gym/fasilitas kebugaran, spa. Lokasi yang strategis, staf yang berdedikasi dan fasilitas kelas-satu membuat hotel ini menjadi favorit di antara para pelancong. Terletak antara Opéra Garnier mewah dan terkenal Place Vendôme, Hôtel Scribe Paris adalah sebuah hotel legendaris di jantung ibukota.

 

Hotel Le Littre (4 stars)

Standar tinggi hotel kelas satu (bintang 4) ini terlihat di semua kamar yang ditata untuk kenyamanan. Hotel terletak di tengah kota (jarak ke pusat kota 0,0 km). Jarak dari hotel ke arena pekan raya hanya 2,0 kilometer. Lokasi ideal untuk penumpang kereta api: Jarak dari stasiun kereta api ke hotel hanya 0,5 kilometer.

Hotel Britannique (3 stars)

Setiap kamar 39 di hotel bintang-3 mewah ini menampilkan amenity terbaik. Setiap kamar di hotel menawarkan tamu ruangan bebas rokok, penyejuk udara, jubah mandi, koran harian, meja tulis, pengering rambut, akses internet (nirkabel), akses internet. Untuk membuat masa tinggal para tamu semakin lengkap, hotel di Paris ini menawarkan layanan kamar 24 jam, lift, bar/pub, layanan laundry/dry cleaning, kotak penyimpanan aman, salon, transfer pelabuhan udara/hotel, business Center. Para tamu yang mencari paduan yang sempurna dari kepedulian dan kemudahan modern akan menemukannya di hotel yang indah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b) Lyon

Le Phenix Hotel (3 stars)

 

Le Phenix Hotel berjalan kaki 5 menit dari Old Lyon, dan 100 meter dari Stasiun Bus Santo Paulus. Ini memiliki bar piano dan menawarkan akomodasi yang ber-AC dengan Wi-Fi. Setiap kamar di Phenix memiliki kamar mandi pribadi dan TV layar datar dengan saluran satelit. Sarapan dapat dilayani ke kamar tamu atau di ruang makan Le Phenix Hotel juga menyediakan sebuah resepsi 24-jam dan layanan sewa mobil. Tempat Bellecour dan Lyon La Part-Dieu Train Station naik metro singkat. Hotel Rooms: 36. Hotel Kamar: 36.

Hotel Roosevelt (3 stars)

The Roosevelt adalah hotel menawan terletak di pusat kota Lyon, sebuah kota terkenal karena masakan haute dan peran utama dalam sejarah film. Hotel ini berada di dekat dengan Parc de la Tête d’Or, pusat bisnis dan stasiun kereta Part-Dieu, hotel menawan kami menyambut Anda untuk bisnis atau perjalanan liburan, dalam suasana hangat dan ramah.
Bar kami, dengan cerobong asap dan sudut rak buku, akan memungkinkan Anda untuk duduk dan menikmati suasana menenangkan sebelum kembali ke kamar Anda pribadi gaya dilengkapi dengan semua kenyamanan modern.

 

 

 

c) Bordeaux

Adagio Bordeaux Gambetta (3 stars)

Adagio City Aparthotel Bordeaux Gambetta terletak di jantung pusat kota Bordeaux. Menawarkan akomodasi katering-mandiri dan Wi-Fi gratis. Apartemen nyaman dan dilengkapi dengan AC, dapur kecil, TV satelit, meja kerja dan fasilitas en suite. Penginapan ini juga menawarkan sauna dan pusat kebugaran. Aparthotel Bordeaux Gambetta berada di seberang halte trem dan hanya berjalan kaki singkat dari kawasan bisnis Mériadeck. Sebuah supermarket besar berada di tikungan dan jalan perbelanjaan terkenal Rue Sainte-Catherine berjarak berjalan kaki singkat. Hotel Rooms: 111.

Hotel Continental (2 stars)

Hotel Continental memiliki atmosfer yang hangat dan lokasi sentral di jantung kota Bordeaux. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman, sarapan prasmanan gratis, Wi-Fi gratis, minuman selamat datang, dan sebuah kotak makan siang. Pilihlah dari kamar-kamar single dan double yang kedap suara dan dilengkapi dengan fasilitas en suite modern, TV Canal+ (olahraga dan film), dan meja kerja. Kamar-kamar ber-AC tersedia berdasarkan permintaan dengan biaya tambahan.

Hotel Continental bertempat di sebuah bangunan abad ke-18 di jantung jalan semi-pejalan kaki di Bordeaux, dengan jajaran berbagai butik dan kafe, serta dekat dengan Place des Grands Hommes. Hotel Rooms: 50.

City Résidence Bordeaux Centre (3 stars)

City Residence menyediakan akomodasi apartemen yang tenang di distrik Chartrons Bordeaux, 200 meter dari halte trem Chartrons dan 10 menit berjalan kaki dari pusat kota.Masing-masing apartemen memiliki AC, tempat tidur sofa dan dapur kecil dilengkapi dengan lemari es dan oven microwave. Tersedia koneksi internet nirkabel di seluruh hotel.Residence Bordeaux Les Chartrons menawarkan layanan binatu dan menyediakan koran gratis.Sarapan prasmanan tersedia setiap hari. Bagi tamu yang menjelajahi kebun-kebun anggur yang terkenal di kawasan ini dengan mobil, tersedia parkir pribadi di apartemen ini . Kebun anggur Chateau Mouton Rothschild dan Cheval Blanc masing-masing berjarak 50 kilometer dari Bordeaux. Hotel Rooms: 79.

 

  1. L.   Tempat-tempat Belanja

La Galerie du Carrousel du Louvre

Tempat shopping ini menawarkan berbagai macam barang, seperti : musik, hadiah, parfum, atau pakaian. Di sinilah tempat sejumlah toko terkenal yang memberikan barang-barang kualitas dan kemudahan pembelian. Dan juga menyediakan kesenian abad-tua dan sejarah, kompleks ini menawarkan pengingat perdagangan abad ke-21.

Marché aux Puces de Clignancourt

Pasar loak ini terkenal di seluruh dunia, yang diselenggarakan di Saint-Ouen di pinggir utara Paris. Ini adalah tempat yang bagus untuk mencari dan menemukan souvenir hebat. Ribuan kios (terdiri dari dua belas pasar yang berbeda) line jalan-jalan, menawarkan mulai dari pakaian vintage ke piring tua, benda yg dibuang, dan mebel antik.

Les Quatre Temps

Ini mal yang menawarkan belanja ekspansif hebat di Paris barat. Banyak perusahaan ritel menyediakan kepraktisan yang diinginkan, khususnya pakaian, dan banyak restoran yang menyediakan makanan dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Ini bukan di pusat kota, tapi Les Temps Quatres, modern distrik La Défense, dan punya banyak mega-toko untuk boot.

  1. M.  Objek Wisata

 

a) Paris

 

Arc de triomphe de l’Étoile 

Arc de triomphe de l’Étoile atau biasa dikenal sebagai Arc de Triomphe (Bahasa Indonesia : Gapura Kemenangan) adalah monumen di Paris yang berdiri di tengah area Place de l’Étoile, di ujung barat wilayah Champs-Élysées. Bangunan ini dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte dengan tujuan untuk menghormati jasa tentara kebesarannya.

Eiffel Tower

Menara Eiffel  merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia. Dinamai oleh perancangnya, insinyur Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia.

 

Louvre

Piramida Louvre rancangan I.M. Pei : pintu masuk ke galeri berada di bawah piramida kaca tersebut

Museum Louvre di Paris, Perancis, adalah salah satu museum terbesar dan paling terkenal di dunia. Gedungnya, bekas sebuah istana bangsawan, terletak di pusat Perancis antara sungai Seine dan Rue de Rivoli. Lapangannya kini terdapat piramida gelas Louvre. Sebagian dari istana tersebut dibuka sebagai museum pada 8 November 1793, pada saat Revolusi Perancis. Di dalam museum ini, terdapat karya-karya seni terkenal dunia, salah satunya adalah Mona Lisa karya Leonardo da Vinci

 

 

Montmartre

Montmartre merupakan sebuah bukit (butte Montmartre) setinggi 130 meter, memberikan namanya pada distrik sekitarnya, di utara Paris di arondisemen ke-18, bagian dari Tepi Kanan, Montmartre dikenal karena Basilica of the Sacré Cœur berkubah putih di puncaknya dan sebagai distrik klub malam. Gereja lain yang lebih tua di bukit ini adalah Saint Pierre de Montmartre, yang dianggap sebagai lokasi dimana perintah pendeta Jesuit ditetapkan.

Notre Dame de Paris

Montmartre dilihat dari Centre Georges Pompidou

Notre Dame de Paris (bahasa Perancis untuk “Bunda Kita di Paris”, artinya gereja di Paris yang dipersembahkan pada Bunda Maria), biasanya disebut sebagai Notre Dame, adalah katedral berasitektur gothic di sebelah timur Île de la Cité di Paris, Perancis, dengan pintu masuk utama di barat. Selain tujuan wisata, gereja ini juga masih digunakan untuk tempat misa dan Uskup Agung Paris.

Palais Garnier

Palais Garnier adalah salah satu bangunan di Paris, Perancis yang berfungsi sebagai gedung pertunjukkan opera. Bangunan ini didesain oleh Baron Haussmann pada tahun 1858, dan dibangun oleh Charles Garnier tahun 1861. Diperkirakan panggung Palais Garnier mampu menampung 450 aktor dan aktris dan auditorumnya mampu menampung 2000 orang.

 

b) Sekitar Paris

 

Versailles Palace

Istana Versailles, atau hanya Versailles, adalah château kerajaan di Versaille, Perancis. Di Perancis, istana ini disebut Château de Versailles. Ketika château dibangun, Versailles merupakan pedesaan, kini Versailles adalah suburban Paris.

 

Stade de France

Stade de France merupakan salah satu stadion yang terletak di Paris, Perancis. Stadion ini dipakai untuk sepak bola dan rugbi. Dengan memiliki kapasitas 80.000+ penonton. Stadion ini pernah dipakai untuk Piala Dunia FIFA 1998 dan Race of Champions tahun 2004. Stadion ini dipakai untuk partai final Liga Champion 2006 antara FC Barcelona-Arsenal.

Disneyland Resort Paris

Disneyland Resort Paris adalah sebuah kompleks hiburan bertema Disney yang terletak di Marne-la-Vallée, Paris, Perancis dengan 2 buah taman bermain, Disneyland Paris dan Walt Disney Studios. Resort ini terletak sekitar 30 km di timur Paris dan bisa dicapai dengan mobil dan RER. Stasiun kereta yang terletak di tempat tersebut juga dilayani oleh TGV, Thalys, dan Eurostar.

  1. N.   EVENT.

 

Maret
Internasional Ready-to-Wear Shows Fashion

 Ratusan designer, menunjukkan karya-karya mereka yang telah mereka rancang selama 6 bulan.

Foire du Bois Trône,

 Sebuah taman hiburan raksasa yang penggemarnya panggilan negara terbesar Perancis wajar, Foire du Trône berasal dari 957 Masehi, ketika pedagang bertemu dengan petani untuk pertukaran gandum dan wine.

April
Les Grandes Eaux Musicales, Versailles.

 Acara musik ini dimaksudkan untuk menciptakan kembali suasana rezim kuno. Peristiwa terjadi setiap hari Sabtu dan Minggu dari 11:15 sampai 14:30 siang dan sampai 17:00 antara April dan September awal.

Mei
VE Day (dalam bahasa Prancis: jurnal Gencatan Senjata), seluruh kota. Perayaan memperingati menyerahnya Nazi pada tanggal 7 Mei 1945, berlangsung 4 hari di Paris, dengan parade sepanjang Champs-Elysees dan upacara tambahan dalam sentimen Reims.

Juni
Fete de St-Denis

 menyajikan musik berseni bulan buat di tempat pemakaman raja-raja Perancis, monumen, suram Gothic awal Juni ini

Juli
Tour de France.

 Perayaan dengan mengelilingi kota paris menggunakan sepeda pada 3 minggu pertama bulan juli.

Bastille Day

 Perayaan 1789 penyerbuan Bastille adalah tanggal kelahiran Prancis modern, dan acara-acara mencapai puncak mereka di Paris dengan pameran jalan, pageants, kembang api, dan pesta-pesta. 14 Juli.

 

November 
Armistice Day
,

Penandatanganan dokumen kontroversial yang mengakhiri Perang Dunia I dirayakan dengan parade militer dari Arc de Triomphe ke Hôtel des Invalides.Tanggal 11 November.

Desember 
Fete de St-Sylvestre (Malam Tahun Baru), seluruh kota. Hal yang paling penuh semangat dirayakan di Latin Quarter di sekitar Sorbonne. Pada tengah malam, kota meledak. ciuman orang asing dengan orang asing, dan boulevard St-Michel dan Champs-Elysees menjadi mal pejalan kaki.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. O.  Kesenian dan Kebudayaan

                                               

 

                                                Rumah Tradisional

 

Kesenian Tradisional

 

 

Bullfighting (juga dikenal sebagai pertempuran sapi jantan, dari ταυρομάχη Yunani – tavromache, “banteng-melawan”, atau sebagai Toros corrida de dalam bahasa Spanyol) adalah sebuah tontonan tradisional Spanyol, Portugal, Perancis selatan dan negara-negara Amerika Latin, di mana satu atau lebih lembu adalah ritual tewas dalam bullring sebagai tontonan umum.

Makanan Tradisional

 

Aioli
Aioli adalah semacam saus mayones bawang putih dari selatan Perancis. Ini adalah iringan besar ikan bakar atau tersebar di panggang roti.

                                                

Fougasse Roti
Ini roti tradisional dari selatan Perancis juga disebut fouace di beberapa negara.

 

 

 

 

 

 

Pakaian Tradisional

Mantova

Mantova adalah pakaian tradisional yang biasa dipakai oleh para ratu-ratu di negara Perancis. Mantova ini menampilkan siku-panjang, diborgol lengan , dan overskirt itu biasanya ditarik kembali atas pinggul untuk mengekspos rok bawa

Incroyables & Merveilleuses

Pakaian tradisional ini digunakan oleh para bangsawan untuk menunjukkan kemewahan mereka.

Nama: Nuri Adlina

NPM: 15610168

Kelas:1SA02

Advertisements